BPJS Ketenagakerjaan Gresik Bidik Tukang Ojek

Dua tempat mangkal ojek yang anggotanya ribuan pengojek dibidik oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) Gresik.

Mereka potensi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena mangkal di terminal Bunder dan terminal Giri, Kebomas, kata Darmawan Basuki, Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Gresik, disela-sela kesibukan acara Hari Pelanggan ke 5, bertempat di depan gedung BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Selasa (5/9) lalu.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Gresik, tahun ini oleh induknya diminta bisa menggait kepesertaan formal sebanyak 123.000 peserta, saat sekarang sudah tercapai 115.000 peserta, Kepesertaan perusahaan telah terealisir 1,900 dari target 2.200 perusahaan, sedang kepesertaan non formal seperti tukang ojek, pedagang kaki lima, pekerja perorangan, baru tercatat sekitar 7.000 dari target 19.000.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bergerak dibidang Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP), tidak hanya mengejar target kepesertaan, tetapi juga sering melakukan bakti social dengan peserta dan warga sekitar.

Tentang kepesertaan sebagai pelanggan BPJS Ketenagakerjaan, formal, Darmawan Basuki yang pekerja keras itu, optimis target yang diembannya bisa terpenuhi, bahkan bisa melebihi target dengan sisa waktu yang masih ada sekarang ini.

Kalau yang peserta non formal, belum bisa memastikan, karena mereka itu bekerja mandiri, saat bayar iuran, dihari itu tidak mendapat penghasilan, sehingga pembayaran iuran tertunda-tunda menumpuk berdampak keluar sebagai peserta. Petugas selalu member informasi kepada peserta, tapi karena pendapatan tidak cukup ya bagaimana lagi, “kata Darmawan Basuki”.

Di kegiatan Hari Pelanggan Nasional 2017, tepatnya 4 September 2017 lalu, peserta yang sedang mengambil klaim disuguhi beberapa hiburan, makanan kecil, kesehatan gratis bersama ratusan warga sekitar yang ikut menyaksikan kegiatan Hari Pelanngan Nasional 2017 di halaman Kantor BPJS Ketenagakerjaan Gresik.

Seluruh karyawan diharuskan memakai pakaian Jadul ( jaman dulu ), sekaligus mengenang para pimpinan jaman dahulu. ( har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *