Bupati Berharap Swastisaba Wiwerda Dapat Diraih

Setelah sukses meraih penghargaan swastisaba padapa tahun lalu di ajang verifikasi Kab sehat Tingkat Nasional,  Kab Gresik dengan sejumlah prestasi, tahun ini siap meraih penghargaan Swastisaba wiwerda di ajang yang sama, hari ini selasa (30/8) Tim verifikasi Kab sehat Tingkat Provinsi di terima langsung oleh Bupati Gresik didampingi forum  Kab Gresik sehat yang terdiri dari 9 Dinas terkait serta LSM, ketua TP PKK Kab Gresik, Ketua GOW, dan kepala Dinas terkait di ruang Graeta eka Praja Kantor Bupati Gresik.

Ketua Tim verifikasi Kohar Hari santoso bersama anggota menjelaskan bahwa kehadirah Tim verifikasi ini smenindak lanjuti peraturan bersama menteri dalam Negri dan Menteri Kesehatan, dengan tujuan memacu atau mendorong masyarakat hidaup sehat, kehadiran Tim disini hanya ingin mencocokan data yang telah kami peroleh dari Gresik, dengan harapan agar masyarakat bisa menerima manfaatnya, sudah banyak bukti yang telah kami terima terkait dengan program Kab sehat ini di Gresik, seperti sudah 97,3 % masyarakat Gresik sudah memakai closet saat buang air besar, banyaknya posyandu, inovasi di bidang kesehatan dan perhubungan serta kawasan sejarah (heritage) yang  masih dipertahankan dan yang sangat menarik yaitu adanya kampung ASI diDesa Wedani dan inovasi lainnya, padahal Gresik terkenal sebagai daerah industri, namun komitmen Gresik untuk menjadikan masyarakatnya sehat sangat besar,  ini membuktikan bahwa Gresik sangat siap menuju Swasti saba Wiwerda.

Sementara itu Bupati Grersik Dr. H. Sambari Halim Radianto menjelaskan bahwa Gresik saat ini memang sebagai tempat atau tujuan lomba, dan selalu menjadi juara, ini telah kami rasakan bersama masyarakat. Pemkab Gresik sangat komitmen dalam meningkatkan bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan selain pendidikan, karena sehat mandiri diawali dari bawah, maka kami telah memiliki sekitar 1.474 posyandu, 250 poskesda, 32 puskesmas serta mobil kesehatan keliling serta banyak lagi sarana dan prasanan untuk kesehatan, sudah banyak prestasi yang telah di raih Gresik, hingga Gresik seperti sekarang ini, kami terus berprestasi hingga masyarakat bisa menikmatinya. Banyak industri maupun investor yang hadir di Gresik, namun komitmen kami untuk menuju Kab Gresik sehat terus kami kembangkan.

Usai di terima Bupati, rombongan langsung menujun lokasi tujuan yaitu IPAL Komunal dan sale (sayur dan lele) di kelurahan gending, HIPPAM di desa Doudo, UKS TK Petro, Kampung ASI Ds Wedani, wisata religi Suna maulana Malik Ibrahim, kampung kemasan dan gajah mungkur. Di kelurahan gending salah satu Tim penilai menyempatkan diri untuk panen sayur sawi dan terong.

Pada program Kab sehat (Swastisaba wiwerda) 2016 ini ada dua tambahan tatanan yaitu pariwisata sehat dan ketahanan pangan dan gizi, sebelumnya dua tatanan yang telah diverifikasi yaitu tatanan pemukiman dan tatanan kesehatan mandiri. Program Kab/kota sehat ini dilaksanakan dua tahun sekali dengan tujuan memacu atau mendorong masyarakat sehat. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *