Bupati Sambari Rela Nginap Dirumah Warga Demi Dengarkan Keluhan Masyarakat

Sebagai wujud mendekatkan diri antara pemerintah dan masyarakat, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto melakukan kegiatan tilik warga di desa Turirejo kecamatan Kedamean, Gresik. Kegiatan tersebut merupakan agenda Bupati Sambari dalam menjaring aspirasi dan mendengar keluhan secara langsung masyarakatnya.

Tak hanya mendengar aspirasi dan keluhan masyarakat desa setempat, Bupati Sambari juga bermalam di rumah sederhana milik salah seorang warga bernama Supar.

Bupati tak sendirian, pejabat terkait pun juga mendampinginya untuk menjawab keluhan-keluhan warga desa setempat. Dirinya ingin segala persoalan bisa terselesaikan. Begitu dicurhati warga, Bupati Sambari dibantu oleh pejabat terkait langsung menjawab keluhan warganya itu.

“Selama masih bisa diatasi karena tidak terlalu berat, langsung kami turuti saat itu. Namun apabila perlu pertimbangan dan pembahasan dengan dinas terkait, maka aspirasi masyarakat kami tampung terlebih dahulu,” ujar Bupati Sambari.

Andi (50) warga desa setempat mengeluhkan kondisi jalan desa yang rusak. Dirinya meminta kepada Bupati untuk segera memperbaiki.

Mendengar keluhan warganya itu, Bupati Sambari mengatakan bahwa untuk pembangunan jalan desa adalah kewenangan desa masing-masing melalui Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikelola oleh desa masing-masing yang diusulkan melalui RPJMDes.

Sementara untuk jalan poros yang menghubungkan antar desa dan merupakan jalan kabupaten, maka menjadi kewenangan pemerintah kabupaten Gresik melalui Dinas Pekerjaan Umum.

Menurut Kepala Bidang Tata Bangunan dan Pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Ir. Achmad Washil, jalan poros desa yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten Gresik rencananya akan menggunakan model cor beton dengan tebal 30cm.

Bupati Sambari menegaskan kepada desa-desa yang telah menerima ADD selama ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat, terutama dalam pembangunan-pembangunan infrastruktur. “Semua semata-mata untuk masyarakat Gresik yang sejahtera,” pungkasnya.

Selain itu, Bupati Sambari juga memberikan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu di desa setempat. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *