Bupati Sambari Resmikan Gedung Baru PMI Gresik

Palang Merah Indonesia (PMI) Gresik kini menempati gedung baru dan didukung dengan fasilitas-fasilitas yang memadai. PMI Gresik juga menambah sarana dan prasarana seperti alat penyimpanan kantong darah (blood tank) dan penyimpanan trombosit serta peralatan-peralatan lainnya yang lebih canggih.

Bangunan seluas 904,7m dan senilai Rp. 5 miliar tersebut merupakan upaya pemerintah kabupaten Gresik dalam mewujudkan pelayanan dan meningkatkan taraf kesehatan di kabupaten Gresik. Gedung tersebut diresmikan oleh Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto usai prosesi pelantikan Pengurus dan Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gresik masa bakti 2016-2021.

Peresmian gedung baru tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sambari dan disaksikan sejumlah pengurus PMI pusat dan PMI Jawa Timur.

“Peningkatan taraf kesehatan di Gresik memang menjadi program prioritas kami selaku pemerintah. Maka dari itu, anggaran yang kami siapkan dibidang kesehatan terbilang sangat besar. Di 18 (delapan belas) kecamatan sudah ada 32 puskesmas layak dengan 20 rawat inap dan 74 puskesmas pembantu. Tahun 2017,” ujar Bupati Sambari, Rabu (25/01/2017).

Bupati Sambari mengakui, kucuran anggaran kesehatan itu meningkat setiap tahunnya. “Seperti awal tahun 2010 hanya mencapai Rp.28 miliar, dan pada tahun 2015 telah mencapai Rp 130 miliar,” imbuh Bupati Sambari.

Dirinya berharap dengan adanya pertumbuhan penduduk di kabupaten Gresik, maka jumlah pendonor darah juga semakin bertambah.

Demikian juga dengan pendonor darah yang terhimpun di PMI kabupaten Gresik. Menurut Ketua PMI kabupaten Gresik Ir. Moh. Nadjib jumlah pendonor di akhir tahun 2016 telah mencapai 6.325 orang dan saat ini PMI Gresik telah memiliki stok kantong darah sejumlah 21.742 kantong darah.

“Saat ini Gresik telah mendistribusikan darah di 50 (lima puluh) faskes. 20 (dua puluh) di faskes Gresik dan 30 (tiga puluh) diluar kabupaten Gresik. Ditahun 2017 ini kami targetkan mencari tambahan objek pendonor dan berharap dapat meraih standart ISO 9001 tahun 2015,” ujar Ketua PMI Gresik Ir. Moh. Nadjib.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Pengurus PMI Jawa Timur H. Imam Utomo berkesempatan melantik Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Gresik yang diketuai oleh Dr. H. Moh. Qosim Wakil Bupati Gresik.

H. Imam Utomo mengucapkan selamat kepada Pengurus dan Dewan PMI Gresik yang baru dilantik dan mengucapkan terima kasih kepada Pengurus PMI Gresik yang lama atas pengabdiannya selama ini. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *