HUT Kades Sekapuk ke-39 ditandai dengan launching ikon Ki Begawan Setigi Abdul Halim.

Demi Generasi Penerus, Kades Sekapuk Rela Jadi Ikon Ki Begawan Setigi Abdul Halim

Bertepatan dengan Hari Jadinya yang ke-39, Kades Sekapuk Abdul Halim resmi melaunching Ikon baru Ki Begawan Setigi di area wisata alam Selo-Tirto-Giri (Setigi). Menariknya, HUT Begawan Setigi Abdul Halim ini bersamaan dengan HUT Jawa Timur ke-75 yang jatuh pada Senin Legi, 12 Oktober 2020.

Launching ikon baru Patung Ki Begawan Setigi ini digelar tepat pukul 09.45 WIB, sebagai ‘tetenger’ untuk generasi penerus agar paham betul akan sejarah dan memiliki semangat yang kuat untuk membangun desa.

Patung setinggi dua meter itu adalah patung Inisiator sekaligus pencetus Wisata Setigi, Kades Sekapuk Abdul Halim. Pihak menajemen wisata sengaja menghadirkan patung itu sebagai kado ulang tahun sang Begawan Setigi ke-39.

“Tepat pada Senin legi, 12 Oktober adalah hari jadi saya dan ditandai dengan meresmikan patung ini sebagai harapan generasi yang akan datang memahami adanya wisata desa Setigi merupakan kerja keras dan keringat seluruh warga,” kata Abdul Halim usai meresmikan.

Selain sebagai tetenger, patung karya Ki Putut Nugroho, sang Pakar Patung Dunia ini, juga bisa menjadi spot swafoto bagi pengunjung wisata. Diterangkan Halim, butuh waktu 15 hari untuk menyelesaikan karya indah tersebut.

“Tak sekedar menjadi ikon ataupun spot foto, pantung itu sengaja dibangun di atas sisa watu tiban sebagai simbol kekokohan dalam tekadnya untuk melakukan pembenahan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi desa,” jelas Abdul Halim.

Lebih lanjut, sang Begawan Setigi mengungkapkan, patung itu dibangun menghadap arah matahari terbenam dengan membelakangi arah gerbang masuk di wisata Setigi bermaksud menaruh harapan untuk seorang pemimpin harus visioner, dan punya sudut pandang yang jauh ke depan.

“Pemimpin harus mampu hadir meskipun dalam kondisi gelap, dan juga berperan di balik layar,” tambahnya.

Tak hanya itu, di HUT Begawan Setigi Kades Sekapuk yang ke-39 ini, manajemen wisata juga membebaskan tiket masuk gratis bagi pengunjung yang lahir pada 12 Oktober. Selain itu, pengunjung yang ulang tahun hari ini juga diberikan bingkisan menarik berupa kaos Begawan Setigi dan camilan khas produk Dapur Mbok Inggih PKK Desa Sekapuk.

Kades Abdul Halim menambahkan, adanya Wisata Setigi ini merupakan kebanggaan warga desa. Sebab, melalui wisata, Desa Sekapuk berhasil bangkit, dari desa tertinggal, kini menjadi desa miliarder dengan penghasilan mencapai miliaran per tahun.

“Kami bersyukur atas pencapaian ini, semoga ke depan bisa lebih baik dan terus berkontribusi membangun desa sehingga masyarakat makmur dan sejahtera,” ungkapnya usai meresmikan ikon baru Wisata Setigi Gresik, yakni Patung Ki Begawan Setigi Abdul Halim (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *