Desa Prupuh Panceng Nominator Juara Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS)

Desa Prupuh Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik merupakan nominator dalam ajang lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBKP-Kesehatan tahun 2020 untuk kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Propinsi Jawa Timur.

Pada Selasa (7/1/2020) Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim serta beberapa Kepala OPD terkait ikut memberikan pendampingan saat penilaian lapangan dari tim Penilai Lomba Pemprov Jawa Timur. Tampak Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari dan Ketua GOW Kabupaten Gresik ibu Zumrotus Sholihah Qosim turut serta.

Istri Bupati dan Wabup Gresik ini tampak paling sibuk dalam membantu para ibu anggota TP PKK Desa. Hal ini diakui oleh Ketua TP PKK Kecamatan Panceng Yani Indriati Purbo. Menurut isteri Camat Panceng ini, Bu Sambari dan Bu Qosim sering hadir ke Prupuh bahkan pada beberapa hari terakhir intensitasnya makin sering dengan memberikan pembinaan.

Saat menerima tim penilai, Wabup Qosim menyampaikan bahwa pihaknya menyampaikan selamat datang kepada 5 orang anggota tim juri lomba yang diketuai oleh Drg. C. Ratih Anom.

“Seakan sudah menjadi tradisi desa-desa di wilayah kecamatan Panceng ini menjadi langganan untuk lomba LBS. Sebelumnya Desa Doudo Panceng juga berhasil meraih juara I diajang lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBKP-Kesehatan tingkat Jawa Timur. Dengan keadaan sekarang, kami sudah sangat siap untuk dinilai. Insyaallah Desa Prupuh saat ini juga sudah layak untuk meraih juara satu” kata Qosim saat memberi sambutan.

Saat melakukan penilaian tim juri yang beranggotakan 4 orang tersbut berkeliling melakukan peninjauan ke beberapa tempat. Beberapa inovasi yang diciptakan oleh masyarakat desa Prupuh bersama para kader KB dan kader lingkungan setempat juga dilihat. Para anggota tim juri juga tertarik dengan program biopori dan pemanfaatan limbah industry kayu.

“Saya tertarik pada pembuatan jamur yang memanfaatkan limbah serbuk kayu sebagai media tanam. Pembuatan jamur ini bisa memberikan lapangan kerja pada masyarakat setempat. Sehingga ada peningkatan pendapatan masyarakat yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat”. Ujar C Ratih Anom.

Hj, Maria Ulfah Sambari yang mendampingi TP PKK Desa mengatakan, Desa Prupuh ini dulunya desa yang kesulitan air. Sejak tahun 2013 Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Desa setempat mengelola sumber air tadah hujan ‘Duyung’ maka seluruh masyarakat Desa Prupuh bisa menikmati sumber air tersebut.

“Untuk melestarikan sumber air, warga setempat membuat program biopori. Di sini setiap rumah wajip membuat minimal satu biopori. Biopori ini juga dimanfaatkan untuk komposting sampah dan juga sebagai arena pembelajaran bagi anak sekolah disekitar Desa” katanya. 

Beberapa inovasi di desa tersebut yaitu, jimpitan sampah di Posyandu, Kampung PHBS dengan cuci tangan di depan setiap rumah, kampung KB, Kampung Sayur, Kampung TOGA dan kampung Jumantik.

Sedangkan penilaian yang dilakukan tim juri meliputi beberapa kriteria diantaranya, tentang rumah sehat, pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman toga, pola makan yang sehat, serta saluran air yang bagus agar tidak tergenang terutama di musim hujan.

Penilaian juga dilakukan terkait kondisi lingkungan di sekitar desa, hal ini dilakukan agar masyarakat memiliki pemahaman dan kesadaran dalam pola hidup bersih dan sehat.

Ketua TP-PKK Kabupaten Gresik optimis bahwa desa Prupuh di Kecamatan Panceng bisa menjadi juara dan mewakili Propinsi Jawa Timur pada lomba di Tingkat Nasional.

“Selain melakukan penilaian LBS, tim juga memberikan masukan dan saran yang membangun untuk kemajuan desa Prupuh lebih baik,” katanya. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *