Direktur Utama SIG, Donny Arsal (ketiga kanan) bersama penerima penghargaan Top CEO BUMN Awards 2023 pada ajang Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia di Hotel Aryaduta, Jakarta, pada Kamis (30/11/2023).

Direktur Utama SIG, Donny Arsal Raih The Best CEO pada Ajang Top BUMN Awards 2023

BERITAPELABUHAN.COM, Keberanian dan kepiawaian dalam mengambil dan mengelola risiko untuk terus melakukan inovasi bisnis mengantarkan Direktur Utama SIG, Donny Arsal meraih penghargaan The Best CEO: Excellent in Encourage Risk Taking pada ajang Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia.

Penghargaan diserahkan oleh Komisaris Bisnis Indonesia, Dorothea Samola dan diterima oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal di Hotel Aryaduta, Jakarta, pada Kamis (30/11/2023).

Mengangkat tema Competitiveness, Innovation, and Prosperity, Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2023 merupakan ajang apresiasi bagi perusahaan BUMN berprestasi. Penilaian dilakukan berdasarkan kinerja, gagasan, inovasi, serta transformasi bisnis perusahaan di tengah situasi ekonomi global dan domestik yang sangat dinamis.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, transformasi bisnis bukanlah hal mudah bahkan mungkin tidak akan terjadi bila tidak memiliki keberanian dalam mengambil risiko. Keberanian mengambil risiko secara terukur dan semangat untuk terus berinovasi inilah yang menjadi faktor utama kesuksesan SIG dalam menjalankan transformasi, serta menjadikan inovasi tersebut sebagai keunggulan kompetitif yang mendukung peningkatan kinerja dan memastikan ketahanan dan pertumbuhan Perusahaan secara berkelanjutan.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara manajemen dan seluruh karyawan, tentunya juga dukungan dari Dewan Komisaris dan para pemegang saham. Dalam menghadapi pasar semen yang mengalami tantangan dari tingginya harga komoditas dan juga industri yang kompetitif, alhamdulillah, SIG berhasil bertahan dengan kinerja yang baik. Penghargaan ini menambah motivasi kami untuk berprestasi lebih baik lagi,” kata Donny Arsal.

Di tengah persaingan pasar semen yang ketat dan situasi pasar modal yang menantang, SIG sukses menuntaskan proses integrasi PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) ke SIG melalui skema right issue pada Desember 2022 tahun lalu. Aksi korporasi yang terjadi di tengah kondisi ekonomi yang baru berangsur pulih pasca pandemi Covid-19, menjadi milestone penting bagi SIG dan langkah strategis untuk memperkuat dominasi di pasar semen domestik dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan Negara.

Menurut Donny Arsal, SMBR adalah kekuatan di Sumatra Bagian Selatan dengan potensi sinergi yang sangat besar untuk mendukung posisi dan melengkapi footprint BUMN Sub Klaster Semen, khususnya di wilayah Sumatra yang merupakan pasar domestik terbesar kedua.

“Kami melaksanakan integrasi dengan analisis peluang atas nilai yang dapat tercipta untuk meyakinkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham agar berpartisipasi dalam aksi korporasi ini. Alhamdulillah, hingga batas akhir periode transaksi, total pemesanan dari saham baru yang ditawarkan mencapai 96,9% dari keseluruhan transaksi,” ujar Donny Arsal.

Melengkapi capaian prestasi pada ajang Top BUMN Awards 2023, unit usaha SIG yang bergerak di bidang building material trading yaitu PT Semen Indonesia Distributor (SID) juga menerima penghargaan dari Kementerian BUMN dalam acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2023.

SID meraih Peringkat Terbaik 2 – BUMN, Kategori Broker/Distributor, karena dinilai telah mendukung kegiatan bisnis dan operasional SIG sehingga lebih efektif dan efisien. Penghargaan diterima oleh Direktur Utama SID, Luwi Adi Riswanto di Assembly Hall Menara Mandiri, Jakarta, pada Selasa (5/12/2023).

Apresiasi Mitra BUMN Champion 2023 merupakan ajang apresiasi bagi mitra BUMN yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan bisnis dan operasional BUMN, sehingga BUMN dapat merealisasikan kinerja secara lebih efektif dan efisien. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *