General Manager of CSR SIG, Edy Saraya (ketiga kiri) dan Senior Officer of CSR SIG, Amin Budi Hartanto (keempat kiri) saat menerima penghargaan kategori Top CSR Awards 2023 di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (7/6). SIG meraih dua belas penghargaan atas komitmen menjalankan program CSR (corporate social responsibility) yang efektif dan berkualitas dengan pendekatan CSV (creating shared value).

Dirut SIG, Donny Arsal, Raih Penghargaan Top Leader on CSR Commitment 2023

Komitmen SIG menjalankan program CSR (corporate social responsibility) yang efektif dan berkualitas dengan pendekatan CSV (creating shared value) kembali mendapat apresiasi dari Majalah Top Business dengan diraihnya dua belas penghargaan pada ajang Top CSR Awards 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Sebagai strategic holding company yang menaungi sejumlah anak usaha dalam industri bahan bangunan, SIG meraih dua penghargaan yaitu penghargaan kategori Top CSR Awards 2023 Star 5 dan kategori Top Leader on CSR Commitment. Penghargaan Top CSR Awards 2023 Star 5 diberikan kepada SIG karena dinilai memiliki sistem kebijakan dan tata kelola CSR yang sangat baik (Excellent), selaras dengan strategi bisnis perusahaan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, sehingga layak menjadi percontohan bagi perusahaan lain.

Sedangkan penghargaan Top Leader on CSR Commitment 2023 diberikan kepada Direktur Utama SIG, Donny Arsal karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi program CSR di Perusahaan.

Pada ajang Top CSR Awards 2023 ini, anak usaha SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) berhasil meraih 10 penghargaan di tingkat korporasi dan empat pabrik yang dikelola, meliputi lima penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment 2023, dua penghargaan kategori Top CSR Awards 2023 Star 5 dan tiga penghargaan kategori Top CSR Awards 2023 Star 4.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, SIG berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara kemajuan pembangunan, kelestarian alam, dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana tertuang dalam tiga pilar keberlanjutan Perusahaan, yaitu mendorong solusi dan inovasi berkelanjutan, perlindungan terhadap lingkungan dan menciptakan nilai bersama untuk Perusahaan dan komunitas.

“SIG terus berinovasi menciptakan program-program CSR yang efektif dan berkualitas dengan pendekatan CSV untuk mengoptimalkan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, serta sejalan dengan strategi bisnis Perusahaan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan dan ketahanan Perusahaan di masa mendatang,” kata Vita Mahreyni.

Salah satu inovasi program CSR SIG adalah pendirian PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) yang merupakan perusahaan patungan antara anak usaha SIG, PT Semen Gresik dengan enam BUMDes dan menjadi model joint-venture BUMN dan BUMDes pertama di Indonesia. Pendirian SMOR diinisiasi oleh SIG untuk membantu peningkatan pengelolaan potensi desa untuk kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar Pabrik Rembang.

Menurut Vita Mahreyni, enam BUMDes sekitar Pabrik Rembang yang tergabung dalam PT SMOR dilibatkan dalam kegiatan supply chain kebutuhan Pabrik Rembang yang diantaranya jasa kebersihan, pemeliharaan, penyediaan tenaga kerja penunjang, dan pengelolaan transportasi.

Sementara itu program kolaborasi dengan Kelompok Pengelola Sampah Baruwani di Cilacap menjadi program unggulan CSR SBI yang berhasil mengantarkan SBI menjadi satu-satunya perusahaan semen yang meraih PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Tahun 2022.

Kolaborasi ini memfasilitasi pemanfaatan sampah yang bisa didaur ulang, serta memanfaatkan sampah yang tidak bisa didaur ulang menjadi bahan bakar alternatif bersama sampah kota lainnya lewat fasilitas RDF Cilacap, sebagai pengganti batu bara di pabrik semen SBI.

“Kedua inovasi program CSR tersebut telah memberikan banyak manfaat untuk masyarakat juga bagi kelestarian lingkungan, sehingga berhasil menjembatani kolaborasi dan membina hubungan sosial yang baik antara Perusahaan dengan masyarakat yang berbuah dukungan terhadap kegiatan operasional,” ujar Vita Mahreyni.

Kegiatan Top CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Tema yang diambil dalam TOP CSR Awards 2023 adalah “CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth”.

Penilaian TOP CSR Awards 2023 berbasis ketentuan ISO 26000, Good Corporate Governance (GCG), dan Strategi Bisnis perusahaan. Perusahaan yang meraih penghargaan dinilai berhasil dalam menjalankan program CorporateSocial Responsibility (CSR), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Community Development yang efektif dan berkualitas. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *