Ketua TP PKK Gresik Maria Ulfa Sambari Komitmen Untuk Keseimbangan Gizi

Dalam memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke 59, Dinas Kesehatan Gresik mengadakan kampanye gizi seimbang dan Cegah Anaemia dengan fe (Café).

Acara yang mengundang sebanyak 250 orang kader kesehatan remaja dan guru yang menangani Usaha kesehatan sekolah (UKS) di seluruh Gresik ini berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja kantor Bupati Gresik, Selasa (26/2/2019).

Pada kesempatan itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik juga mengadakan deklarasi semacam penandatanganan komitmen untuk melaksanakan kampanye keseimbangan Gizi oleh para peserta.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, Maria Ulfa Sambari yang hadir pada kegiatan tersebut memberikan tanda tangan yang pertama kali. Disusul oleh oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Gresik Betty Andhy Hendro Wijaya dan PLT Kepala Dinas Kesehatan Gresik, Endang Puspitowati. Kemudian diikuti oleh para isteri camat selaku ketua TP PKK Kecamatan.

Asisten III Tursilowanto Hariogi yang hadir mewakili Bupati Gresik mengatakan, kampanye gizi seimbang ini harus dilaksanakan oleh semua sector.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri untuk melaksanakan program yang sangat penting ini. Kegiatan kampanye gizi seimbang dan Cegah Anaemia dengan fe ini merupakan upaya kita untuk mempersiapkan generasi masa depan yang sehat.” Ujarnya saat membuka kegiatan ini.

PLT Kadis Kesehatan Gresik Endang Puspitowati kepada kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno mengatakan, sampai saat ini masih ada kasus stunting dan remaja putri anaemia di Gresik.

“Berdasarkan penelusuran petugas Dinas Kesehatan Gresik, angka prosentase stunting di Gresik masih 12,4 %. Sedangkan prosentase remaja putri anaemia masih 27,83%. Untuk itu kami berharap agar kita semua giat mengkampanyekan gizi seimbang ini ke semua masyarakat” ujar perempuan yang juga Dirut RSUD Ibnu Sina ini.

Endang Puspitowati juga memberikan tips kepada para kader kesehatan remaja dan guru yang menangani UKS di sekolah untuk memberikan tablet tambah darah (TTD) kepada para siswa terutama para remaja putri.

“Selain makanan dengan gizi yang baik dan seimbang, pemberian TTD ini sangat penting. Minumlah TTD setiap hari satu tablet. TTD tidak berbahaya bahkan sangat baik untuk mencegah anaemia” tutur dokter spesialis THT ini.

Pada kegiatan ini, Dinkes Gresik menghadirkan 2 orang ahli gizi yaitu DR. Andriyanto, SH. M.Kes serta Annas Buanasita, SKM. M. Gizi  (har)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *