Ketua KWG Miftahul Arif memberikan sambutan dalam acara Dialog Publik bersama DPRD Kabupaten Gresik di Atrium Gressmall Gresik, Rabu (24/4/2024).

KWG Bersama DPRD Kabupaten Gresik Adakan Dialog Publik, Mendukung Peningkatan Ekonomi Pariwisata

BERITAPELABUHAN.COM – Komunitas Wartawan Gresik (KWG) dalam merayakan rangkaian Hari Pers Nasional 2024 bersama DPRD Kabupaten Gresik menggelar dialog publik di Atrium GressMall, Rabu (24/4/2024).

Ketua KWG Miftahul Arif mengatakan, kunci keberhasilan pariwisata di daerah adalah sinergitas semua instansi Pemerintah, mulai Pemerintah pusat hingga terendah di desa.

“Ini salah satu kesepakatan dari Dialog Publik yang digelar Komunitas Wartawan Gresik (KWG) bersama Pimpinan DPRD Kabupaten Gresik dalam rangkaian memperingati Hari Pers Nasional 2024, di Atrium GressMall,” kata Miftahul Arif.

Dialog Publik bertema : Komitmen Pengelolaan Pariwisata dan Kebudayaan di Kabupaten Gresik’ berlangsung dinamis, sebab melibatkan anggota DPR RI yang masih kalangan milenial yaitu Jiddan, SE, SH, MH dan Nila Yani Hardiyanti, .S.ikom.

Sementara pimpinan DPRD Kabupaten Gresik yang hadir yaitu Ketua DPRD Kabupaten Gresik, H Much Abdul Qodir S.Pd dan Wakil Ketua DPRD Gresik H Ahad Nurhamin S.PI, M.SI.

Menurut Qodir, perlu sinergi dalam melaksanakan Peraturan Daerah dalam meningkatkan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Gresik.

“Perda itu membuka peluang semua desa untuk membuat tempat wisata. Baik wisata alam dan wisata kuliner,” kata Qodir.

Qodir juga memberi contoh wisata kuliner di Desa Srowo, Kecamatan Sidayu, yang terkenal dengan kerupuk tayamum yaitu kerupuk yang khusus digoreng dengan pasir.

“Sampai – sampai seorang menteri bilang kalau ke Gresik, minta dibawakan kerupuk tayamum,” katanya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik, H Ahad Nurhamin S.PI, M.SI mengatakan, Gresik arus mempunyai kebijakan makro dan mikro untuk kelola pariwisata dan kebudayaan.

“Yang saya harapkan dari diskusi publik ini adalah, harus bisa menghasilkan rekomendasi. Baik untuk legislatif maupun eksekutif,” kata Nurhamim.

Lebih lanjut Nurhamim menegaskan, DPRD Kabupaten Gresik sudah menghasilkan empat Perda terkait pariwisata.

Di antaranya Perda Desa Wisata dan Perda Pemberdayaan Masyarakat Menuju Desa Mandiri. “Sekarang, kita sedang menyusun Perda Kemitraan Pengusaha Besar dan Kecil,” tambahnya.

Atas kehadiran Calon DPR RI terpilih yaitu Jiddan dan Nila, Ketua DPRD Kabupaten Gresik Qodir maupun Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Nurhamim, meminta kepada Jiddan dan Nilan diharapkan sering mengundang OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ke Jakarta untuk diajak ke Kementrian untuk mendapat anggaran.

Menyikapi hal itu, Jiddan dan Nila sama-sama sepakat atas saran kedua seniornya. Keduanya juga sepakat bahwa, pariwisata di Gresik harus lebih maju untuk kemakmuran masyarakat Gresik.

“Kita berdua akan berusaha untuk menaikkan potensi wisata Gresik, terutama dari sisi anggaran melalui Kementrian terkait,” kata Jiddan dengan didampingi Nila. (Adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *