Nominator Juara PHBS Nasional Jadi Obyek Studi Banding

Selang beberapa waktu setelah kedatangan tim penilai lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional (27/4), Desa Sambogunung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik kembali kedatangan tamu.

Pada hari itu (10/5), sebanyak 60 orang rombongan TP PKK Kabupaten Jombang yang dikomandoi ibu Ir. Tjaturina Wihandoko, MM berkunjung ke Sambogunung untuk melakukan studi banding terkait pelaksanaan PHBS di desa Sambogunung yang merupakan salah satu nominator dari 6 (enam)kandidat juara PHBS tingkat nasional.

Rombongan TP PKK Kabupaten Jombang yang pada saat kedatangannya di Sambogunung dikoordinir oleh Wakil Ketua 4 TP PKK Kabupaten Jombang, ibu Siti Alimuddin menyatakan bahwa maksud kunjungannya adalah untuk melakukan studi banding tentang pelaksanaan PHBS di Sambogunung. “Kedatangan saya beserta rombongan ini selain bersilaturahmi, juga ingin belajar secara langsung tentang PHBS di Desa Sambogunung. Kami penasaran bagaimana pelaksanaan PHBS di Sambogunung ini sehingga bisa menjadi juara I tingkat propinsi.” katanya.

Selain itu kunjungan ini juga merupakan kunjungan balasan atas kunjungan TP PKK Gresik yang sekitar 2 tahun yang lalu  berkunjung ke Jombang yang juga dalam rangka studi banding tentang ‘Kampung Asi’ yang pada saat itu Jombang menjadi juara nasional ‘Kampung Asi’, tambahnya.

Mendengar hal itu, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto yang saat itu menyempatkan diri menyambut rombongan TP PKK Kabupaten Jombang memang tampak senang dan bangga atas keberhasilan PHBS di Sambogunung. Pada kesempatan itu, Bupati Gresik menjelaskan keberhasilan PHBS Sambogunung adalah juga merupakan hasil sinergitas seluruh organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendukung penuh peran serta masyarakat Desa Sambogunung dalam melaksanakan Sepuluh indicator Rumah Tangga ber-PHBS. Bupati menyebutkan 10 indikator tersebut.

“Masyarakat desa disini selalu melakukan persalinan dengan pertolongan tenaga kesehatan, Memberi ASI ekslusif, Menimbang balita setiap bulan, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah sekali seminggu, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari dan Tidak merokok di dalam rumah” jelas Sambari.

Setelah berkeliling bersama seluruh anggota rombongannya, ibu ketua TP PKK Kabupaten Jombang Ny. Tjaturina Wihandoko yang saat itu juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Sambogunung menyatakan kekagumannya pada desa Sambogunung. “Memang layak Sambogunung meraih juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Timur. Kami bersama 60 orang anggota rombongan bisa banyak belajar ke desa ini,” tambahnya memuji.

Sementara itu, Maria Ulfa Sambari, Ketua TP PKK Gresik melalui Ibu Ning Esti Djoko Sulistio Hadi, Wakil Ketua II TP PKK Kab. Gresik, menyambut hangat dan mendoakan agar kedatangan rombongan asal Jombang tersebut sesuai yang diharapkan.

“Semoga kunjungan para ibu-ibu TP PKK Kabupaten Jombang kesini, bisa menambah semangat seluruh warga desa Sambogunung untuk terus membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Ning Ngesti Djoko Sulistio Hadi, yang langsung diamini oleh para hadirin. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *