Peduli Terhadap HAM, Pemkab Gresik Terima Penghargaan dari Kemenkumham

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke 69 tahun 2017 rupanya menjadi momen penting bagi pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik. Pasalnya, dihari peringatan HAM sedunia tersebut pemkab Gresik berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten yang Peduli terhadap HAM ditingkat Nasional.

Bertempat di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah pada Minggu (10/11/2017), pemkab Gresik menerima penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Gresik Drs. Choirul Anam. Pada kesempatan itu juga turut dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Seperti yang diungkapkan Choirul Anam kepada Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono, bahwa penghargaan ini merupakan kali kedua diterima oleh Pemkab Gresik setelah pada tahun 2016 yang lalu mendapatkan penghargaan serupa dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia,” katanya.

Dirinya menuturkan bahwa Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto selalu berupaya untuk berkomitmen dan berusaha memenuhi hak masyarakat kabupaten Gresik.

“Jelas ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Gresik karena menandakan kota wali dan kota santri ini peduli terhadap HAM. Pesan pak Bupati, ini harus dipertahankan untuk mendukung pembangunan daerah,” terang Kabag Humas pemkab Gresik Suyono.

Ia menambahkan bahwa penghargaan tersebut didasarkan pada terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan, hak anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Jajaran pemerintah kabupaten Gresik mempunyai komitmen untuk berusaha memenuhi hak atas masyarakat di kabupaten Gresik. Prioritas utama adalah pada sektor kesehatan dan pendidikan. Setelah itu kami berusaha menjadi pelayan terbaik bagi masyarakat sehingga masyarakat merasa kami (pemerintah) hadir di tengah-tengah masyarakat,” pungkas Bupati Sambari. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *