Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani hadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke-52, dengan semarak di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Rabu (05/06).

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, Bupati Yani Tugaskan PKK Fokus Selesaikan Stunting

BERITAPELABUHAN.COM – Pemerintah Kabupaten Gresik hari ini menggelar kegiatan Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke-52, dengan semarak di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Rabu (05/06).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman beserta jajaran, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, dan para pengurus PKK dari tingkat kabupaten hingga desa.

Dalam sambutannya, Bupati Yani memberikan apresiasi tinggi atas keberadaan PKK di tengah-tengah masyarakat. PKK bagi Bupati Yani merupakan organisasi perempuan yang memiliki gagasan visioner. 10 gagasan PKK yang sudah digagas sejak tahun 1950-an, masih relevan hingga saat ini.

“10 gagasan PKK tersebut memiliki arti penting, bahwa PKK di tahun 1950-an sudah menggagas kesuksesan bangsa ini. Program-program ini juga tidak jauh berbeda dengan Sustainable Development Goals-Desa (SDGs-desa). Terus jayalah PKK,” tegas Bupati Yani.

Dihadapan para pengurus tim penggerak PKK se-Kabupaten Gresik, Bupati Yani secara khusus menugaskan PKK untuk mensukseskan pencegahan stunting. Hal ini, tentunya diperlukan kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah desa.

“Kita fokus selesaikan stunting yang ada di Kabupaten Gresik. Stuntingnya harus turun. Pasal satu stunting harus turun, pasal dua tidak ada stunting, pasal tiga Gresik bebas stunting. Ini tentunya juga membutuhkan kolaborasi juga dari pemerintah desa terutama dalam hal anggaran kepada PKK serta sinergi dengan dinas-dinas terkait. Selain itu, ibu-ibu PKK juga saya harapkan bisa aktif,” tegasnya.

Acara HKG PKK tahun ini mengusung tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”, yang selaras dengan upaya Pemerintah Kabupaten Gresik dalam membangun masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Ketua Tim Penggerak PKK Gresik, Nurul Haromaini Ali dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh kader PKK yang telah bekerja tanpa kenal lelah dalam menjalankan program-program pemberdayaan.

Karenanya, dalam kegiatan ini diberikan juga apresiasi dalam bentuk Nawakarsa Award. Nawakarsa Award, merupakan apresiasi khusus terhadap desa-desa yang memiliki inovasi sesuai program Nawa Karsa. Program-program tersebut diantaranya, Gresik Cerdas yang diraih Desa Masangan Kecamatan Bungah, Gresik Seger yang diraih Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik Lestari yang diraih Desa Petiken Kecamatan Driyorejo, Gresik Akas yang diraih Desa Pongangan Kecamatan Manyar.

Kemudian ada Gresik Sehati yang diraih Desa Dalegan Kecamatan Panceng, Gema Karya yang diraih Desa Banjaragung Kecamatan Balongpanggang, Gresik Agropolitan yang diraih Kecamatan Kedunganyar Kecamatan Wringinanom, Gresik Mapan yang diraih Desa Dampaan Kecamatan Cerme, dan Gresik Barokah yang diraih Desa Klangonan Kecamatan Kebomas.

Ning Nurul, begitu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik akrab disapa juga memberikan apresiasi khusus kepada tiga pengurus tim penggerak PKK dengan pengabdian masa bhakti terlama. Penghargaan tersebut diberikan kepada Kader PKK Desa Pangkahwetan Ibu Fulaicha, Kader PKK Desa Pongangan Ibu Nur Hasanah, dan Kader PKK Desa Dalegan Ibu Wiwit Sulistina.

Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada para pemenang lomba penyuluhan pelaksanaan 10 program pokok PKK desa tahun 2024. Dimana juara satu diraih oleh Ibu Mashfiyatul Asmaai dari Desa Dukuhkembar Kecamatan Dukun, juara dua diraih oleh Ibu Diah Sulung Syafitri dari Desa Domas Kecamatan Menganti, dan Juara tiga diraih oleh Ibu Wahyu Daniarti dari Desa Kedamean Kecamatan Kedamean.

Peringatan HKG PKK ini diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk pameran produk unggulan PKK, bazar makanan sehat, pelayanan adminduk, pelayanan perizinan, penyuluhan tentang kesehatan keluarga dan lingkungan hingga layanan perpustakaan digital. Kegiatan ini diharapkan dapat semakin memotivasi kader PKK dalam melaksanakan tugasnya serta memperkuat semangat kebersamaan dan gotong royong dalam masyarakat. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *