Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gresik memberikan penyuluhan keselamatan penumpang di Terminal Penumpang Pelabuhan Gresik, Kamis (14/9).

Peringati Harhubnas 2023, KSOP Gresik Gelar Sosialisasi Keselamatan Bagi Penumpang

BERITAPELABUHA.COM, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gresik memberikan penyuluhan keselamatan penumpang di Terminal Penumpang Pelabuhan Gresik. Hal itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan di laut, Kamis (14/9/2023).

Kepala KSOP Gresik, Hotman Siagian mengatakan, dalam memperngiati Hari Perhubungan Nasional 2023, jajaran KSOP Gresik menggelar sosialiasi keselamatan kepada para penumpang dan anak buah kapal (ABK). Hal itu untuk mencegah kecelakaan di laut.

“Untuk mencegah kecelakaan dalam pelayaran, ada 3 faktor utama, yaitu factor dari alam, faktor prasarana dan faktor dari manusianya. Faktor dari manusia inmi diantaranya dari regulasi bertugas mengawasi kegiatan angkutan di perairan. Contohnya apakah armada sesuai peraturan yang ditetapkan, operatornya dan penumpang itu sendiri. Penumpang harus ikut menjaga dalam pelayaran,” kata Hotman Siagian.

Lebih lanjut Hotman Siagian menambahkan, keselamatan di kapal harus disadari sebagai tanggung jawab bersama dan menjadi kebutuhan khusus bagi masyarakat. “Contohnya, penumpang harus memahami barang-barang dibawa, apa mudah terbakar dan atau mudah meledak. Selain itu, fungsi alat keselamatan dan letak alat keselamatan harus diketahui, sehingga aman,” katanya.

Menurut Hotman Siagian, dari hasil penelitian, 85 persen kecelakaan dominan dilakukan akibat kelalaian manusia. Sedangkan faktor lainnya yaitu factor mesin serta faktor alam, seperti cuaca dan gelombang. “Seperti kecerobohan, secara sadar memuat muatan berlebihan dan kurangnya kemampuan menjalankan kapal dari awak kapal. Untuk faktor alam, biasanya kita tidak mengizinkan persetujuan untuk berlayar,” imbuhnya. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *