Ratusan petani di sekitar pabrik Rembang dilibatkan untuk menanam jagung

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) melibatkan Petani untuk menanam jagung di area Semen Gresik Pabrik Rembang. Dan bonggol jagung dibeli untuk digunakan menggantikan batu bara, Jumat (17/12/2021).

Kepala Unit Komunikasi dan CSR Semen Gresik Pabrik Rembang, Dharma Sunyata, mengatakan, ada ratusan petani di sekitar pabrik dilibatkan untuk bertani menanam jagung, padi dan umbi-umbian.

Para petani diberi modal benih dan bertanam di lahan yang telah disediakan 160 hektar. Masing-masing petani mendapat lahan garapan dan modal benih. Setelah panen, jagungnya dimanfaatkan petani, sedangkan bonggol jagung dibeli untuk mengganti bahan baku batu bara.

“Dari hasil panen jagung jagungnya diambil petani sedangkan bonggolnya dari pada dibuang, kita beli untuk menggantikan bahan bakar batu bara,” kata Dharma.

Dari bonggol jagung yang tidak berguna tersebut diharapkan menjadi bahan bakar alternatif untuk menggantikan batu bara.

Uji coba pemanfaatan bonggol jagung menjadi sumber energi tersebut sudah dilakukan sejak tahun kemarin pada awal Desember 2020. “Hasilnya masih dibawah satu persen dari bahan bakar batu bara. Tapi, sudah banyak membantu efisiensi dibidang bahan bakar,” katanya. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *