Semen Indonesia Serahkan Hasil Bedah Rumah Veteran Tahap Satu di Jawa Tengah

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan tahap pertama program bedah rumah untuk para veteran di wilayah Jawa Tengah. Penyerahan rumah kepada para veteran secara simbolis dilakukan di Halaman Makorem 073/Makutarama, Salatiga (10/11).

Kepala Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Indonesia, Wahjudi Heru menjelaskan bahwa program Bedah Rumah Veteran ini merupakan bagian dari program “BUMN Hadir untuk Negeri” yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN untuk berperan serta memberikan penghormatan dan ucapan terima kasih kepada veteran.

Dalam program Bedah Rumah Veteran ini, Semen Indonesia menjadi penanggung jawab/PIC untuk daerah Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 17 rumah veteran di NTT sudah rampung dibedah pada Oktober 2016.

Untuk wilayah Jawa Tengah, Perseroan membedah 34 rumah veteran yang tidak layak huni. Jumlah rumah yang telah selesai dibedah dalam tahap 1 ini sebanyak 17 unit yang tersebar di 5 kabupaten, yakni 1 unit di Salatiga, 5 unit di Semarang, 3 unit di Purwodadi, 2 unit di Rembang, dan 6 unit di Blora.

Selanjutnya Perseroan akan melaksanakan bedah rumah veteran tahap 2 untuk 17 unit rumah veteran di Kabupaten Kendal (3 unit), Demak (11 unit), dan Kudus (3 unit). Bedah rumah veteran tahap 2 direncanakan selesai pada Desember 2016.

Pelaksanaan bedah rumah yang diinisiasi Kementerian BUMN ini difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi. Program ini menjadi gambaran sinergi antara BUMN, pemerintah daerah, dan TNI untuk memperkuat ketahanan bangsa dengan mengapresiasi perjuangan para veteran kemerdekaan.

Ketua Tim Bedah Rumah Veteran Semen Indonesia, Sri Wachyuningsih, mengatakan bahwa program ini dapat berhasil karena keterlibatan seluruh pihak. “Kami bersyukur pembangunan berjalan lancar. Ini tak lepas dari kerja sama semua pihak, termasuk TNI dan warga sekitar yang bahu membahu membuat rumah para veteran agar layak untuk ditinggali, sehingga dapat beristirahat dengan nyaman di rumah,” kata Sri.

Kasi Teritorial Korem 073/Makutarama, Mayor Inf Himawan Teddy Laksono, yang juga hadir dalam kesempatan tersebut turut mengapresiasi program ini. “Para veteran ini pada masanya telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Tentu program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi para veteran,” ungkap Teddy.

Salah satu veteran yang rumahnya dibedah, Djarkoni Panut, mengaku senang mendapat perhatian ini. “Saya bersyukur mendapatkan perhatian ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ujar pejuang kemerdekaan RI yang kini menginjak usia 90 tahun itu. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *