Deklarasi Generasi Milenial Semarakkan Pemilu Run

Sebanyak 1.700 pelari mengikuti Pemilu Run 2019 dengan start-finish di Jalan Jakarta GKB kemarin (7/4). Kegiatan ini merupakan rangkaian sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 17 April yang digelar KPU Kabupaten Gresik. Terutama bagi para generasi milenial atau para pemilih pemula.

Pemilu Run 2019 tidak hanyak diikuti warga dari Gresik. Namun, ada juga dari luar daerah seperti Lamongan, Surabaya, hingga Bojonegoro. Tidak sedikit pula sejumlah anggota TNI-Polri ikut membaur menjadi peserta. Suasana pun tampak guyub dan kondusif. “Semarak sekali. Suasana terasa damai,” kata Winarto, peserta asal Driyorejo, Gresik.

Sebelum bendera start dikibarkan, sebanyak 16 perwakilan generasi milenial membaca naskah deklarasi Pemilu 2019. Mereka mengenakan t-shirt bergambar seluruh parpol beserta nomor urutnya. Aksi itu sekaligus untuk mensosialisasikan parpol peserta pemilu. Pembacaan deklarasi itu dipimpin Komisioner KPU Gresik Makmun. Di antara butir deklarasi adalah
turut serta mensukseskan Pemilu yang langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil. Selain itu, ikut berpartisipasi melaksanakan pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Gresik Ahmad Roni mengatakan, Pemilu Run bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Terutama dari kalangan generasi milenial. Dia berharap pada 17 April nanti masyarakat Gresik beramai-ramai menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. “Pemilih berdaulat, negara kuat,” katanya.

Untuk menyasar pemilih milenial, lanjut Roni, pihaknya juga menggelar KPU Gresik Got Talent dan Konser Musik. Dengan beragam rangkaian kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan, partisipasi pemilih di Kabupaten Gresik bisa lebih dari angka 75 persen. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *