Gresik Raih Juara Kategori Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional Dalam Anugerah Layanan Investasi 2021

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2021 pada hari Rabu (24/11/2021) di Jakarta Mengangkat tema “Hilirisasi dan Kolaborasi Untuk Pertumbuhan Berkelanjutan Investasi”, Rakornas dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Jajaran Kementerian Investasi/BKPM, Perwakilan dari berbagai Kementerian, Pimpinan LPNK, serta beberapa Kepala Daerah.

Acara diawali dengan Penayangan Video Anugerah Layanan Investasi 2021 yang merupakan Penghargaan Utama dalam Kegiatan Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah dan Kinerja PPB Kementerian/Lembaga Negara tahun 2021 Rangkaian kegiatan Penilaian Kinerja telah di laksanakan pada Periode bulan Maret hingga Bulan Juli 2021 dengan subjek Penilaian 17 K/L, 34 Pemerintah Provinsi, 415 Pemerintah Kabupaten, dan 93 Pemerintah Kota.

Dari total sebanyak 542 Pemerintah Daerah yang menjadi subjek Penilaian Kinerja, terdapat total sebanyak 115 (21%) Pemerintah Daerah terkategori sangat baik, 195 (40%) Pemerintah Daerah terkategori baik, dan 232 (49%) Pemerintah Daerah terkategori kurang baik.

Gresik meraih Penghargaan Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional dalam Kategori Kementerian/Lembaga Negara dalam Anugerah Layanan Investasi 2021. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi Menteri Investasi Indonesia merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, S.E kepada Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E yang telah hadir.

Kesuksesan Gresik dalam meraih Penghargaan ini tak lepas dari upaya untuk turut serta menumbuh kembangkan Investasi dalam Pemanfaatan Tenaga Nuklir. Gresik sebagai Instansi yang bertanggung jawab dalam Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir pun siap bergabung dalam Sistem Online Single Submission (OSS).

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan laporan penyelenggaraan Rakornas Investasi oleh Menteri Investasi Indonesia merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, S.E. Dalam sambutannya Bahlil Lahadalia, S.E menyampaikan “Rakor hari ini adalah sebagai bentuk untuk menerjemahkan Arah Kebijakan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo untuk Investasi di tahun 2022 mendatang kita majukan sebab target tahun ini Rp. 900 Triliun di dalam RPJM Bapenas sebesar Rp 865 Triliun dan tahun depan kita targetkan Rp. 1.200 Triliun serta untuk Realisasi Investasi pada tahun ini sudah mencapai 63%, kami mempunyai Strategi yaitu mengawal Investasi dari Seluruh Daerah yang ada di Indonesia agar semakin lebih baik”

Rakornas dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya Jokowi menyampaikan “Investasi menjadi Jangkar Pemulihan Ekonomi, jika Investasi muncul yang terjadi yaitu Peredaran Uang akan semakin banyak dan akan menimbulkan Efek Daya Beli serta Konsumsi masyarakat akan naik maka Pertumbuhan Ekonomi tentu akan ikut naik. Investasi yang dibutuhkan saat ini yaitu Investasi yang memiliki Nilai Tambah yang tinggi”.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo juga berpesan agar Pandemi Covid-19 harus dikendalikan untuk Meraih Ekonomi yang lebih baik dan Investasi akan Memulihkan Ekonomi Indonesia. Dan Investor Kecil sampai Besar harus dilayani dengan baik supaya datang ke Indonesia termasuk usaha kecil juga investor.

Pihaknya meminta kepada kementrian/Lembaga serta Pemerintah Daerah untuk menanggalkan ego sektoral dan harus memiliki Visi dan keinginan yang sama dalam memajukan daerah nya Kab/Kota, Provinsi dan untuk memajukan Negara nya saat mengakhiri sambutannya.

Usai Acara Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E mengatakan Penghargaan ini merupakan Prestasi bagi Kabupaten Gresik yang secara tidak langsung memberikan pesan bahwa Kabupaten Gresik merupakan Kabupaten yang Ramah bagi Investor selain itu terkait Ijin Usaha dan Administrasinya sangat mudah dan dikelola secara Profesional.

Selain itu sebagai momentum terbaik untuk mendatangkan Investor menanamkan modalnya di Kabupaten Gresik.

“Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Kabupaten Gresik mendapatkan Peringkat Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional 2021 untuk Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) tingkat Kabupaten.

“Jangan cepat puas mari terus berbenah perbaikan demi perbaikan harus terus dilakukan di segala Bidang sehingga dengan Profesionalnya Pelayanan akan memberikan Kemudahan, Kepuasan dan Kenyamanan. Jika sudah Nyaman maka Investor akan menjadikan Kabupaten Gresik pilihan utama dalam menempatkan modalnya,”tambah H. Fandi Akhmad Yani, S.E.

Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E juga menyampaikan Apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkerja keras, khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gresik. H. Fandi Akhmad Yani, S.E berharap kedepan selalu diberikan kemudahan kemudahan dalam Proses Kepengurusan Perijinan maupun Investasi Usaha Kecil sangat diharapkan oleh masyarakat Kepala Daerah siap hadir ditengah masyarakat untuk memberikan Pelayanan Terbaik dan Kemudahan bagi masyarakat.

Menurutnya Kebijakan Hilirisasi dan Kolaborasi diharapkan semakin memperkuat peranan Sektor Perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat apalagi didukung dengan Regulasi dan Birokratisasi dengan pelayanan yang baik dilakukan oleh Pemerintah Daerah.”jelas H. Fandi Akhmad Yani, S.E.

Pihaknya yakin segala Kepengurusan Perijinan di Kabupaten Gresik bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Turut hadir mendampingi Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gresik A.M. Reza Pahlevi, A.P dan Kepala Sub Bagian Komunikasi Pimpinan pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Gresik Abdul Manan, S.E. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *