Petrokimia Gresik Raih Platinum Dalam Ajang SNI Award 2017

Dua perusahaan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), yaitu PT Pupuk Kalimatan Timur (Pupuk Kaltim) dan PT Petrokimia Gresik (PG) berhasil meraih penghargaan tertinggi Platinum dalam ajang SNI Award 2017 kategori Organisasi Besar Barang Sektor Kimia yang digelar di Jakarta, Kamis malam (16/10/17).

Standar Nasional Indonesaia (SNI) Award 2017 merupakan puncak dari rangkaian acara peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional 2017 yang digelar oleh Badan Sertifikasi Nasional (BSN). Ajang bergengsi ini diikuti oleh 126 peserta dari berbagai organisasi dan perusahaan Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ke-13 sejak SNI Award diselenggarakan oleh BSN pada tahun 2005. SNI Award merupakan apresiasi tertinggi dari Pemerintah kepada Perusahaan/organisasi yang konsisten dan berkomitmen dalam menerapkan SNI, serta mempunyai kinerja yang sangat baik dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

Dirut PG Nugroho Christijanto menyampaikan bahwa dengan diraihnya penghargaan Platinum membuktikan bahwa Petrokimia Gresik menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan selalu memperhatikan syarat keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup, perkembangan iptek maupun kesepakatan internasional sehingga penerapan SNI dilakukan dengan baik dan sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan pesaing dalam negeri maupun luar negeri.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan publik bagi kinerja Petrokimia Gresik, khususnya dalam menjamin kualitas produk-produknya. Ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya demi kemajuan bangsa dan negara”, ujar Nugroho.

Dengan diraihnya Platinum SNI Award, perusahaan telah memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan BSN yang meliputi aspek kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pelanggan, manajemen sumber daya, realisasi produk, pengukuran, analisis, peningkatan kinerja serta hasil bisnis.

Seluruh perusahaan peraih penghargaan SNI Award 2017 telah berhasil melewati seleksi yang ketat dan dianggap layak untuk menerima penghargaan SNI Award. Penilaian dilakukan secara independen oleh Tim Evaluator yang mempunyai kompetensi di bidangnya. Penetapan penerima penganugerahan dilakukan oleh Dewan Juri yang diketuai Rhenald Kasali yang beranggotakan pimpinan dari instansi pemerintah, asosiasi produsen, perwakilan konsumen, lembaga penilaian kesesuaian, media massa, pakar di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

SNI Award merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi penerapan SNI oleh pelaku usaha. Melalui SNI Award diharapkan produsen dan masyarakat umum lainnya semakin menghargai aspek mutu dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar.

Menurut Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya, melalui SNI Award ini, BSN tidak henti-hentinya mengkampanyekan pentingnya penerapan SNI kepada pelaku usaha dan mengedukasi konsumen akan pentingnya produk ber-SNI dan mendorong para produsen agar terus meningkatkan kualitas produknya setara dengan permintaan pasar global, sehingga secara nasional produk kita juga mampu bersaing dan memenangkan pasar global. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *