PG Jalin Kerjasama Dengan Puskopad Kodam XII/Tanjungpura

Dalam upaya meningkatkan potensi bisnis pupuk non subsidi jenis NPK di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Tengah (Kalteng), PT Petrokimia Gresik (PG) menjalin kerjasama dengan Pusat Koperasi Jasa Kartika Tanjungpura untuk memperkuat pasar pupuk NPK Kebomas milik PG.

Kerjasama sinergis ini disepakati melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dirut PG Nugroho Christijanto dan Pangdam XII/Tanjungpura Mayjend TNI Andika Perkasa di Pontianak, Jumat (30/9).

Sebagai salah satu wilayah perkebunan sawit terluas di Indonesia, Kalbar dan Kalteng menjadi daerah potensial bagi PG dalam memasarkan pupuk non subsidi NPK Kebomas. Kalbar dan Kalteng memiliki potensi areal tanam seluas 3.071.145 hektar (tanaman pangan 856.576 hektar, hortikultura 11.535 hektar, dan perkebunan rakyat 2.203.214 hektar). Luasnya areal tanam ini tentunya membutuhkan banyak pasokan pupuk dan hal ini merupakan peluang yang sangat besar bagi PG untuk memasarkan pupuk NPK Kebomas.

Dirut PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa pihaknya tengah melakukan penetrasi dan perluasan pasar di wilayah potensial seperti Kalimantan. Tujuannya adalah untuk mengenalkan, memperkuat, dan meningkatkan penjualan pupuk NPK Kebomas.

“Oleh karena itu, kami menjalin sinergi dengan Pusat Koperasi Jasa Kartika Tanjungpura. Kami percaya kerjasama ini dapat menjawab kebutuhan pupuk perkebunan kelapa sawit di Kalbar dan Kalteng, khususnya jenis pupuk NPK,” ujar Dirut PG Nugroho Christijanto.

Pupuk NPK Kebomas merupakan pupuk majemuk dengan kandungan unsur hara yang lengkap, mulai dari unsur hara makro seperti nitrogen, fosfor dan kalium. Keunggulan NPK Kebomas PG adalah bahwa produk ini formula atau kandungan unsur haranya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen atau customized product (sesuai spesifik komoditas tanaman dan spesifik lokasi tanam konsumen).

Sejauh ini PG sudah pernah membuat pupuk NPK Kebomas dengan 46 jenis formula yang berbeda untuk berbagai jenis komoditas seperti kelapa sawit, kakao, kopi, tebu, teh, karet, tembakau, buah-buahan, dan sebagainya. NPK Kebomas juga diekspor ke sejumlah negara utama seperti India, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Nigeria.

Selain NPK Kebomas, hari ini PG juga turut memperkenalkan produk lainnya, yaitu Petro CAS dan Kapur Pertanian.

Untuk memperkenalkan lebih jauh pupuk NPK Kebomas (dan juga produk lainnya) kepada konsumen dan masyarakat luas, PG dan Kodam XII/Tanjungpura mengadakan konferensi pers, customer gathering dan pasar rakyat pada 30 September 2016 bertempat di Kodam XII/Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.

Pada customer gathering ditargetkan penjualan pupuk NPK Kebomas 10.000 ton pada saat kegiatan berlangsung dan penjualan NPK Kebomas retail ke petani dan masyarakat sekitar 2.000 ton. Acara customer gathering ini juga turut dimeriahkan oleh berbagai hiburan, games dan hadiah menarik. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *