Alat berat operasional tambang yang telah dipasang GPS untuk memudahkan pengawasan dan membuat operasional tambang menjadi lebih efektif dan efisien.

SIG Ciptakan sistem Pemantauan Tambang Secara Online di Pabrik Tuban, Jawa Timur

Operasional berkelanjutan yang dijalankan industri tak hanya masalah lingkungan, tapi juga keselamatan dan kesehatan. Demikin pula SIG yang terus berupaya untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja para pekerja tambang di wilayah operasional perusahaan.

Teranyar, SIG menciptakan inovasi sistem pemantauan tambang yang telah diterapkan di Pabrik Tuban berbasis teknologi digital (Quarry Mining Command Center [QMCC]). Inovasi digital ini, memungkinkan aktivitas pertambangan dapat dilakukan pemantauan secara online dan real time selama 24 jam.

QMCC bekerja dengan menggunakan aplikasi monitoring secara terintegrasi seperti pelacak GPS yang dipasang pada alat berat, fatigue sensor dan camera yang dipasang dalam kabin pada kendaraan operasional tambang yang berfungsi mendeteksi tingkat kelelahan operator dengan mengukur aktivitas gerakan mata, detak jantung, dan tingkat stress.

Seluruh informasi yang bersumber dari aplikasi pengawasan tersebut ditampilkan pada layar pusat kontrol dan dipantau oleh petugas yang bertindak sebagai komando operasional. Dengan demikian, potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi dan tindakan tidak aman dapat diantisipasi sejak dini.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, pengawasan operasional tambang secara langsung pada area penambangan yang luas membutuhkan banyak koordinasi dan waktu, sehingga memiliki kelemahan tidak semua area bisa diawasi secara optimal. Namun, penerapan QMCC ini telah membantu optimalisasi aktivitas pengawasan dan membuat operasional tambang menjadi lebih efektif dan efisien.

“Kebutuhan data lapangan juga dapat didistribusikan secara lebih aktual dan akurat sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Selain membuat operasional tambang lebih optimal, sistem pengawasan QMCC juga memastikan penerapan kaidah good mining practice dan budaya K3 dalam operasional tambang Perusahaan berjalan dengan baik. Sejak diterapkannya QMCC pada 2022 hingga saat ini, Pabrik SIG Tuban mencatatkan nihil kecelakaan dalam operasional tambang,” kata Vita Mahreyni.

QMCC merupakan karya dari tim inovasi Department of Mining & Raw Material Pabrik SIG Tuban, Jawa Timur, yang telah meraih beragam penghargaan bergengsi. QMCC berhasil meraih Juara I pada ajang SIG Group Innovation Award (SIGIA) 2022. Selain itu, inovasi berjudul “Optimasi  Pengawasan Tambang Berbasis Teknologi Digitalisasi melalui Sistem Terpadu Quarry Mining Command Center (QMCC)” ini berhasil meraih dua penghargaan, yaitu predikat Diamond sekaligus dinobatkan sebagai Best Performance pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) Tahun 2022  yang diselenggarakan pada November 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *