SMAN 1 Kedamean Juara Lomba (LLSS) Lomba Lingkungan Sehat Sekolah Tingkat Nasional

Sekolah Menengah Atas Negeri( SMAN) I Kedamean , Kabupaten Gresik menjadi Juara Nasional Lomba Lingkungan Sehat Sekolah ( LLSS) tingkat Nasional 2017, sebelumnya telah meraih gelar sekolah Adiwiyata Mandiri, di Tahun 2016 SMAN I Kedamean yang berlokasi di desa Slempit, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, telah terpilih sebagai juara LLSS untuk mewakili Jawa Timur Lomba Lingkungan Sekolah Sehat ditingkat Nasional dan berhasil menjadi juara.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran aktif para siswa, guru,dan instansi terkait khususnya peran Organisasi Siswa Inters Sekolah ( OSIS) yang selalu mengkapanyekan pola hidup bersih dan sehat.

Pengurus OSIS membentuk “ polisi lingkungan “,terdiri dari para siswa yang bertugas mengamankan sekolah dari sampah, misalnya plastik, kertas,dan daum bverserakan ditempat-tempat.

Peran guru juga sangat besar,siswa bentuk polisi lingkungan, guru sebagai pemungut sampah, jadi sudah “klop “

Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, para guru yang ringan tangan memunguti sampah, membuat para siswa tercambuk ikut lebih ringan tangan untuk mengamankan sampah yang berserakan.

Ternyata pungut sampah berhasil menjadi budaya bersih, tidak cukup budaya bersih dari sampah, tetapi ditingkatkan lebih tinggi lagi, setiap kelas ditetapkan sebagai wilayah suci, bebas dari najis, setiap kali masuk kelas, guru dan siswa melepas sepatu, biar benar-benar bersih.

Ribuan tanaman tumbuh disana sini, mulai dari tanaman produktif,obat keluarga (toga) dan berbagai bunga.

Ada beberapa reklame bertuliskan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS) merupakan investasi kesehatan di Kabupaten Gresik untuk kesejahteraan masyarakat. (har )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *