Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gresik, AKP Derie Fradesca, S.T.K., S.I.K., M.H. bersama anggota saat mencoba alat khusus berupa Sound Level Meter Class 1 untuk kendaraan roda dua.

Tingkatkan Lingkungan dan Kenyamanan Masyarakat, Satlantas Polres Gresik Akan Tindak Knalpot Tidak Sesuai Standar

BERITAPELABUHAN.COM, Satuan Lalu Lintas Polres Gresik dengan bangga mengumumkan pelaksanaan tugas baru yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan dan kenyamanan masyarakat. Langkah ini dilakukan dalam rangka penegakan Surat Telegram (ST) Kapolri No  DT/1045/V/HUK.6.2./2021 yang fokus pada penindakan terhadap kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan standar SNI (Standar Nasional Indonesia) .

Sebagai bagian dari upaya serius dalam menegakkan aturan tersebut, Satlantas Polres Gresik telah    menerima alat khusus berupa Sound Level Meter Class 1 dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim. Alat ini dirancang sesuai dengan standar IEC 61672, memberikan bukti yang akurat terkait tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan bermotor.

“Kali ini satlantas polres gresik telah menerima sebuah alat untuk melakukan tes tingkat kebisingan kendaraan bermotor. Alat ini digunakan sebagai alat bukti untuk melakukan penindakan kepada pengendaraan yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi Teknik, dimana tingkat kebisingan dari kendaraan bermotor, memiliki standar masing-masing, sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup no 56 tahun 2019 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor, dan disesuaikan dengan standar global ECE (economic comission for europe)-r-41-01” Ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gresik, AKP Derie Fradesca, S.T.K., S.I.K., M.H.

Berdasarkan aturan tersebut, motor dengan kubikasi di bawah 80 cc memiliki batasan maksimal    kebisingan sebesar 77 dB, sementara motor dengan kubikasi 80 cc hingga 175 cc memiliki batas 80 dB, dan motor di atas 175 cc memiliki batas 83 dB.

Tak hanya menerima alat yang canggih, Satlantas Polres Gresik juga telah melibatkan aggotanya dalam pelatihan khusus yang diberikan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim.

Pelatihan ini melibatkan pengoperasian alat Sound Level Meter serta pemahaman mendalam terhadap ketentuan-ketentuan peraturan yang berlaku.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gresik, AKP Derie Fradesca, S.T.K., S.I.K., M.H., menyatakan “Langkah ini merupakan bentuk nyata komitmen kami dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya penindakan terhadap knalpot yang tidak sesuai standar, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman bagi seluruh warga Gresik. ”

Satlantas Polres Gresik mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung upaya ini demi menciptakan kota yang lebih bersih, nyaman, dan damai. “Kita semua memiliki peran penting dalam menjaga kualitas lingkungan dan kenyamanan bersama. Mari bersama-sama menciptakan Gresik yang lebih baik dengan menggunakan kendaraan yang sesuai dengan spesifikasi Teknik (pabrikan), dan tetap  mematuhi seluruh aturan lalu lintas yang ada” Ujar penutup dari Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gresik, AKP Derie Fradesca, S.T.K., S.I.K., M.H. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *