KSOP Pontianak Gelar Razia Kapal Tugboat di Sungai Kapuas

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Klas II Pontianak bersama Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Tanjung Priok menggelar operasi penertiban surat persetujuan olah gerak dan surat perintah berlayar terhadap sejumlah kapal Tugboat yang melintas di perairan sungai Kapuas Pontianak Kalimantan Barat Jumat, 6 November 2020.

Kepala KSOP Pontianak Totok Mukarto, mengatakan, kegiatan ini merupakan operasi dalam rangka sosialisasi serta edukasi kepada pengguna jasa di wilayah KSOP Pontianak.

Ia berharap, semua kapal melengkapi dokumen sesuai dengan prosedur agar terjamin keselamatan dan keamanan sepanjang pelayaran.

“Dari operasi ini, ditemukan beberapa hal yang mana ke depan diharapkan proses perizinan atau pengukuran kapal serta dokumen dari kapal dapat dilakukan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,agar dapat menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran,” jelasnya.

Ia mengaku hari ini menemukan sejumlah pelanggaran. Namun karena tujuan razia adalah sosialisasi, para pemilik kapal hanya mendapatkan teguran.

“Saya rasa dokumen dokumen ini perlu disempurnakan dalam proses pemberian izin. Sehingga ke depan, kepada semua pihak yang berwenang untuk menerbitkan dokumen disempurnakan serta memenuhi aspek keselamatan pelayaran” ujarnya.

Selain itu, sosialisasi dan edukasi ini juga diberikan pada pengguna jasa kapal.

“Kami akan selalu tiada hentinya memberikan sosialisasi dan esukasi dengan cara rutin patroli dilapangan,” jelasnya. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *