Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Social Business Innovation Award 2016

PT Petrokimia Gresik (PG) meraih penghargaan Social Business Innovation Award 2016 kategori Fertilizer Industry untuk Program Pemberdayaan Usaha Tani dari majalah Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis malam (25/8). Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh founder Warta Ekonomi Fadel Muhammad, yang diterima oleh Manajer Humas PG Yusuf Wibisono, serta disaksikan oleh Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhammad Ihsan dan Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup.

Penghargaan ini merupakan hasil riset Warta Ekonomi Intelligence Unit yang memantau berbagai perusahaan di Indonesia, baik milik pemerintah maupun swasta. Pemantauan dilakukan terhadap perusahaan yang memiliki inovasi-inovasi program sosial, serta patuh terhadap peraturan pemerintah terkait isu lingkungan antara lain Proper, Index Sustainable and Responsible Investment Keanekaragaman Hayati (Indeks SRI Kehati), dan Industri Hijau.

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh pelaku industri untuk memprioritaskan kegiatan sosial dan lingkungan yang mempunyai dampak luas (multiply effects). Sehingga hasilnya benar-benar dapat terlihat dan dirasakan oleh masyarakat luas.

“Kami mendorong kepada pelaku industri agar seluruh kegiatan terkait sosial dan lingkungan dimuat dengan baik di dalam Sustainability Report setiap tahunnya. Karena laporan ini sangat diperhatikan oleh pelaku industri dan pasar,” ujar Menperin RI Airlangga Hartarto.

Adapun bentuk perhatian tersebut terlihat dalam hasil riset Nielsen Global Survey of CSR (2014), yang menyebutkan bahwa konsumen bersedia membayar lebih atas barang dan jasa dari perusahaan yang peduli terhadap isu sosial dan lingkungan.

Sementara itu, Direktur Utama PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pihak luar terhadap komitmen perusahaan dalam menerapkan inovasi sosial guna menyelaraskan perkembangan bisnis dengan kemajuan masyarakat.

“Kami memang berkomitmen agar masyarakat, mulai dari konsumen kami, petani, dan juga masyarakat sekitar perusahaan, bisa maju selaras dengan perkembangan perusahaan,” ujar Dirut PG Nugroho Christijanto.

Lebih lanjut Dirut PG, Nugroho Christijanto menjelaskan bahwa trend pertumbuhan industri di Indonesia yang terus meningkat, memiliki sejumlah dampak. Adapun dampak positifnya adalah bahwa pertumbuhan industri turut berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Namun tak dapat dipungkiri bahwa industri juga menimbulkan dampak lain di bidang lingkungan dan sosial.

Oleh karena itu, Dirut PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa penerapan program terkait isu sosial dan lingkungan, utamanya yang memiliki dampak luas kepada masyarakat, merupakan investasi sosial yang telah terbukti berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan.

“Untuk itu kami akan terus berinovasi dalam pelaksanaan program sosial kemasyarakatan dan kepedulian terhadap lingkungan guna mendukung keberlangsungan industri dalam jangka panjang”, tambah Dirut PG Nugroho Christijanto. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *