Semen Indonesia BUMN terbaik 2017

Apresiasi Indonesia untuk BUMN 2017, yang berlangsung di Jakarta Kamis ( 30/11 ) Warta Ekonomi ,memberikan tiga penghargaan kepada PT. Semen Indonesia (Persero ) Tbk, wujud Top 5 corporate social responsibilly,state owned enterprice , top 5 Environmental dan 6popular SOE in Processing sector. Dinyatakan Semen Indonesia BUMN terbaik 2017.

Hadir dalam acara tersebut Pimpinan Perusahaan Warta Ekonomi Fdel Mohammad,CEO dan Pemred Warta Ekonomi, Muhammad Ikhsan, Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng, serta puluhan direksi serta komisaris dari sejumlah BUMN.

Fadel Muhammad menjelaskan acara ini merupakan bentuk apresiasi semua pihak yang terkait terhadap kinerja BUMN yang mampu mendorong perekonomian bangsa.

Dengan penguatan BUMN, kontribusi terhadap Negara pasti juga akan meningkat,saat ini dari 118 BUMN,pendapatan yang diperoleh mencapai Rp. 936 triliun , dengan aset lebih Rp. 7.000 triliun.

Tamri Abeng juga menjelaskan berdasarkan pengalaman dirinya sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pertama saat Presiden Soeharto, BUMN memang harus berperan sentral bagi perekonomian nasional.

Menurut Tanri, BUMN harus menjadi penggerak perekonomian bangsa, terutama saat terjadi perlambatan.

Muhammad Ikhsan menambahkan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) merupakan peruszahaan Negara memiliki keistimewaan dalam hal dukungan penuh atas fasilitas modal serta perlakuan khusus dalam pengoperasiannya. Keberadaan BUMN diharapkan memberikan manfaat luas bagi perekonomian nasional.Oleh karena itu BUMN menjadi tonggak pemberdayaan ekonomi nasional yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Menurut dia,BUMN dianggap belum memberikan perannya secara optimal, bahkan BUMN dianggap belum efektif dalam memanfaatkan aset yang dimiliki.

Hambatan lain, menurut Ikhsan pengambilan keputusan internal yang dianggap lambat, sementara kompetensi sumber daya manusia ada juga masih kurang dibanding dengan preruszahaan swasta maupun asing termuka.

Indikasi hambatan-hambatan ini tampak dari penurunan kinerja sejumlah BUMN tahun ini, oleh sebab itu evaluasi dan perubahan strategi bisnis BUMN harus menjadi prioritas untuk meningkatkan kinerjanya tahun depan.

Dari Januari 2017 hingga September 2017. Warta Ekonomi mendapatkan total pemberitaan BUMN mencapai 44.311 berita media oline di Indonesia, penghargaan ini diharapkan dapat mendorong BUMN menciptakan image positif dimasyarakat luas.BUMN terus dapat berkarya diiringi dengan dampak yang positif guna pembangunan serta pertumbuhan perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat luas. (Gap/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *