Pelabuhan Gresik Padatkan Lahan Parkir

Kebutuhan akan kelancaran pemuatan curah kering dan curah cair di pelabuhan Gresik. Kini sedang diratakan lokasi yang biasanya berlobang karena tak kuat menahan beban truk isi muatan. Lahan sekitar panjang 50 m X 40 m. biasanya digunakan untuk muat curah kering dan cair ke tongkang.

Beberapa pekerja, yang istirahat dari alat perata tanah (wals) mengemukakan, bilamana tanah ini dipadatkan dan diaspal . Akan memudahkan pelaksanaan bongkar muatan dari beberapa truk yang biasanya muat pupuk ke tongkang.

Meskipun untuk pemuatan batuan dolomite dari Jember ke Rembang dari lapangan penumpukkan ke dekat tongkang. Menggunakan saluran diatas. Tanpa ada kendaraan dibawahnya. Hanya selain dolomite yang truknya parker di tempat tersebut.

Pelabuhan Gresik, jalur pelayaran bukan hanya ke Indonesia Timur, melainkan juga ke Indonesia Barat.

“Kebetulan dua kapal tambat di dermaga umum, yakni KM Koyo (Tg.Priok) dan KLM Mithamas. Sedang menunggu muatan di dermaga tersebut,” ujar Mohammad Syaifudin dari pelabuhan Gresik.

Menurut dia, sejak Pebruari ini beberapa kapal mulai masuk ke pelabuhan Gresik. Yang biasanya belum pernah. Ini semua kebanyakan perusahaan pelayaran nusantara, ambil muatan pupuk ke pelabuhan Gresik.

Hampir bersamaan kegiatan tongkang bongkar kayu log di dermaga selatan dan tongkang bongkar batubara di dermaga sebelah utara. Untuk bongkar log, operator fix crane dengan cekatan melaksanakan tugasnya. Mereka semula dari operator di BJTI.

Lain halnya dengan kegiatan tongkang ( barge) muat minyak sawit juga bongkar minyak disalurkan ke pipa salur ke kendaraan tanki minyak sawit yang antri sampai 8 kendaraan. Ditanya masalah kegiatan pengiriman minyak sawit, dia mengemukakan, di pelabuhan Gresik sendiri sudah dibangun beberapa tanki minyak sawit. Ada juga beberapa tanki curah cair yang baru dioperasikan.

Puluhan kapal layar motor, selain tambat untuk mengisi barang kelontong dan juga bahan untuk pembangunan rumah. Juga beberapa kapal layar motor antri berada di kolam pelabuhan KLM. Muatan kayu gergajian sampai airnya terlihat pada batas ambang kapal.

Peranan kapal tunda juga cukup baik. Begitu ada call dari pelabuhan Petrokimia Gresik, satu kapal tunda (KT Subali II) meluncur dengan lancar. Hanya dalam beberapa menit kapal tersebut sudah merapat di dermaga Petro.

Meskipun pelabuhan umum Gresik tidak digunakan untuk kegiatan kapal petikemas, tetapi peranannya sangat dibutuhkan. Bagi kegiatan industri diwilayah Gresik dan sekitarnya. Karena untuk industri mebel , wood working masih mengandalkan pengiriman kayu log yang dibongkar dari pelabuhan Gresik.

Selain itu juga kegiatan bongkar batubara dari pelabuhan Gresik, dikirim ke Sidoarjo/Mojokerto untuk pabrik kertas Tjiwi Kimia. Yang pasarannya bukan hanya dalam negeri melainkan juga di ekspor ke luar negeri. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *